Tips Mencegah Virus pada komputer

Posting kali ini bertema Tips Mencegah Virus pada komputer, seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Siapa yang pernah bersahabat dengan virus? tentunya tidak ada seorang pun yang mau bersahabat dengan virus. Virus telah menjadi semacam momok yang menakutkan bagi pengguna komputer, apalagi bagi mereka yang menggunakan system operasi windows. Di Indonesia pengguna OS Windows merupakan yang terbanyak dibandingkan dengan Linux dan yang lainnya. Namun sistem operasi Windows sangat rentan terinfeksi oleh virus. Alasannya mungkin windows adalah produk komersil sehingga banyak orang berbondong-bondong membuat virus untuk windows. Berbeda dengan Operasi Sytem berbasis linux, lebih aman dari gangguan virus karena mungkin linux bersifat open source, bebas digunakan dan dimodifikasi oleh siapapun. Pendahuluannya dicukupkan sekian, takut sobat-sobat kabur karena pendahuluan diposting kali ini kepanjangan. 

Beberapa Tips Sederhana Menghalau Virus pada Komputer
  1. Menginstall antivirus pada komputer sobat. Ini merupakan langkah pertama untuk menghalau virus. Kuring (read;saya) sarankan untuk memasang dua antivirus sekaligus, antivirus yang berkategori intenational seperti Avira dan antivirus yang berbasis lokal seperti Smadav. Kedua antivirus tersebut merupakan salah satu antivirus terbaik.
  2. Mengupdate secara rutin kedua antivirus tersebut. Update antivirus mesti dilakukan untuk memperbaharui database virus. Misalnya begini; sobat menggunakan antivirus versi lama, terus kemudian ada virus baru yang tidak terindeks oleh antivirus sobat yang versi lama itu, maka antivirus sobat tidak dapat menghalau virus tersebut dan akibatnya komputer sobat akan terinfeksi oleh virus tersebut. Untuk avira update bisa dilakukan dalam jangka 1 minggu sekali dan Smadav versi terbarunya biasanya dikeluarkan selama sebulan sekali.      
  3. Melakukan scanning system secara rutin. Ini akan mengoptimalkan kerja antivirus, karena antivirus baru bisa menghalau atau melakukan tindakan lainnya jika hanya program atau file dijalankan. 
  4. Mengaktifkan Windows Firewall. Firewall akan mencegah askses tidak sah terhadap komputer sobat baik berupa virus atau hacker. 
  5. Jika memiliki flashdisk, format flashdisk secara berkala. Dari flashdisklah biasanya virus datang (melalui FD virus pindah dari komputer satu ke komputer yang lainnya). 
Demikianlah tips sederhana mencegah virus masuk, silahkan dicoba. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga Artikel yang lainnya : 
  1. Menghilangkan Logo Windows
  2. Mengenal Operation Sytem
  3. Mengenal Komponen Komputer
Sponsor
Title : Tips Mencegah Virus pada komputer
Description : Posting kali ini bertema Tips Mencegah Virus pada komputer, seperti kata pepatah, l ebih baik mencegah daripada mengobati. Siapa yang perna...

0 Response to "Tips Mencegah Virus pada komputer"

Posting Komentar