5 Langkah Mudah Merawat Printer Agar awet dan Panjang umur

1. Pakai Printer secara teratur dan berkala

Pemakaian printer yang teratur akan menjaga tinta tetap mengalir dan membasahi permukaan nozzle, hal ini mencegah tinta kering yang dapat merusak nozzle pada head printer, jika ini terjadi maka fatal akibatnya karena mengganti head biayanya hampir sama dengan membeli printer baru. Jika sobat telah memodifikasi printer dengan system infuse, maka pengunaannya harus lebih sering minimal 2 hari sekali. 
Permasalahan yang paling sering kita hadapai adalah kwalitas cetak yang buruk, ada garis putih yang melintang , warna yang hilang atau tinta tidak keluar sama sekali. Hal tersebut bisa saja dikarenakan pemakaian printer yang jarang hingga akhirnya mengakibatkan tinta kering dan merusak nozzle pada head.


2. Gunakan tinta yang sejenis secara kontinyu

Setiap merk tinta memliki tingkat kekentalan yang berbeda. Jika kita sembarangan menggunakan tinta, besar kemungkinan akan menyebabkan kebuntuan tinta. Contoh sederhananya : awal pemakaian kita menggunakan tinta merk A pada keseluruhan warna, kemudian tinta hitam habis saya mengisikan tinta merk B. Tak lama, tinta merah habis, saya mengisikan tinta merk C. Nah hal seperti itu tidak dianjurkan dalam pemakaian printer. Gunakan tinta dengan kualitas terbaik.     

3. Mematikan (Shut Down) Printer secara benar

Matikan Printer dengan on/off  pada printer sobat. Hindari mencabut kabel printer secara langsung, hal ini pada jenis printer tertentu akan menyebabkan terjadinya ‘blingking’. Mematikan dengan mengunakan tombol on/off, akan mengaktifkan mekanik capping yang akan membantu untuk mencegah nozzle mengering.

4. Hindari Penggunaan kertas yang kotor atau berdebu

Pastikan kertas yang sobat gunakan bebas dari debu. Debu akan menyebabkan roller paper anda akan lebih cepat aus/rusak. Jika roller rusak, maka kertas tidak akan tertarik ke dalam printer.

Jika roller kotor, lakukan pembersihan pada roller. Caranya print halaman kosong pada kertas tersebut, lakukan 4-5 kali, atau gunakan tombol tray pada printer untuk menarik kertas keluar.

5. Jauhkan printer dari benda Cair, debu dan kotoran

Tutupi printer sehingga dapat terhindar dari debu dan kotoran. Kasus yang sering terjadi adalah masuknya batang korek kedalem printer. Batang korek seperti ini akan menghambat kinerja printer bahkan seringkali printer menjadi rusak. Kebiasaan buruk lainnya yang sering dilakukan adalah menaruh coffe atau minuman di sebelah printer, jika tersenggol maka tidak menutup kemungkinan akan membasahi printer. 

Title : 5 Langkah Mudah Merawat Printer Agar awet dan Panjang umur
Description : 1.  Pakai Printer secara teratur dan berkala Pemakaian printer yang teratur akan menjaga tinta tetap mengalir dan membasahi permukaan nozz...

3 Responses to "5 Langkah Mudah Merawat Printer Agar awet dan Panjang umur"

  1. Wah, terima kasih gan atas tips perawatan printernya. Saya jadi tau bagaimana cara merawat printer dengan baik.

    BalasHapus
  2. @madrosi : 'sama-sama gan, makasih juga sudah mau berkunjung ke web ane..

    BalasHapus