Harddisk

Harddisk adalah sebuah komponen perangkat keras pada komputer yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Harddisk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Harddisk pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Sedangkan Harddisk zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB.


Jika dibuka, terlihat mata Harddisk pada ujung lengan bertuas yang menempel pada piringan yang dapat berputar. Data yang disimpan dalam Harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah Hardisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung. Hard disk drive telah menjadi perangkat yang dominan untuk penyimpanan data sekunder pada komputer sejak awal 1960-an.  Harddisk terus dikembangkan  hingga saat ini, sehingga dari masa ke masa kemampuannya untuk menyimpan data semakin meningkat. Dan dalam perkembangannya kini Harddisk secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Harddisk kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire. (sumber : id.wikipedia.org)


Title : Harddisk
Description : Harddisk adalah sebuah komponen perangkat keras pada komputer yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Harddisk dicipta...

0 Response to "Harddisk"

Posting Komentar